MENGENAL MOMENT YUK

MENGENAL MOMENT YUK

Sejarah
Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Rev. Dr. Nathan Ray Stephenson.yang menciptakan aliran reiki baru bernama Siddhearta Reiki™. Tujuan pembuatan metode ini adalah untuk membuat reiki menjadi mudah didistribusikan ke siapa saja yang menghendakinya tanpa dibatasi oleh aturan-aturan yang tidak perlu. Nathan mendapatkan teknik setelah menjalani serangkaian meditasi. Ia memperoleh moment pertama yaitu Siddhearta moment™ melalui bantuan dari malaikat, roh, dan guru-guru spiritual yang telah mencapai tingkatan yang sangat tinggi dalam praktek energi.

Kemudian, Dr Nathan bekerja sama dengan Sami Pajunen untuk mengembangkan teknik ini lebih jauh lagi. Berbeda dengan Dr Nathan yang pada awalnya menggunakan metode yang sangat rumit dalam bermeditasi untuk membuat moment, Sami Pajunen merintis cara yang lebih sederhana. Ia hanya mengandalkan niat dan permohonan pada Tuhan dalam membuat moment.

Sami kemudian juga bekerja sama dengan Rev. Jason Storm (dari Taokan Temple). Jason Storm membuat antara lain Eternal Moment™ yang digunakannya untuk memberikan attunement Karuna, Usui dan Seichim. Jason Storm akhirnya mengembangkan metode ini untuk attunement ketiga aliran Reiki tersebut di milis-nya yang bernama Reiki Revolution. Di milis tersebut memang betul-betul terjadi revolusi terhadap teknik-teknik reiki, terutama dalam hal attunement. Namun, karena alasan tertentu yang tidak bisa diungkap di sini, milis tersebut dibubarkan.

Di Indonesia, salah satu moment yang cukup berkembang adalah Sufi Reiki™ yang berasal dari Sufi Moment™, moment ini diciptakan oleh Sami Pajunen dan dikembangkan lebih lanjut oleh Fajar Isbandi. Milis reiki sufi juga ada dan di sana dikembangkan juga berbagai macam teknik. Selain itu beberapa aliran reiki baru juga dibuat dengan berbasis metode moment (Reiki IntiTM, Reiki Nur IlahiTM, dsb).

Perkembangan moment lebih lanjut dilakukan dilakukan di milis Peace on Earth Indonesia yang dimotori oleh Handriatno Waseso. Dari milis ini juga lokakarya pertama tentang metode moment dilakukan pada akhir bulan Juni 2002. Seperti pada milis induknya, milis versi Indonesia juga telah menelorkan cukup banyak moment dan metode untuk pengembangan reiki dan teknik spiritual lain.

Moment sendiri, meskipun ditujukan untuk menyebarkan reiki seluas-luasnya, dalam perkembangan terakhir tidak hanya digunakan untuk praktek reiki saja. Sejumlah ilmu-ilmu yang berkaitan dengan praktek penggunaan energi halus juga telah dijamah oleh teknik ini.
Aspek aspek Moments
Secara Umum Moments memiliki :
• Cahaya Pembersihan ( Clearing Rays), contohnya Joy of Peace Clearing Ray;
• Cahaya Penyembuhan (Healing Rays), contohnya Harmony of Peace Healing Ray;
• Cahaya Pengetahuan (Knowledge Rays), contohnya Peace Forgiveness Knowledge Ray;
• Cahaya Kebijaksanaan (Wisdom Rays), contohnya Joy Forgiveness Wisdom Ray;
• Cahaya Intuisi (Intuition Rays), contohnya Universal Peace Intuition Ray; dan
• Energi Penyembuhan (Healing Energies), contohnya Cosmic Peace Healing Energies.

Fasilitas umum yang ada pada Moment:
• Attunements (Penyelarasan);
• Anointments (Pentahbisan);
• Atonements (Pembebasan/ Pertobatan);
• Empowerments (Penguatan);
• Initiations (Inisiasi);
• Activations (Pengaktifan)
• Openings (Pembukaan).
• Ray (Cahaya)
• Enlightment (Pencerahan)
• Illumination (Penerangan)

Attunement
Attunement atau penyelarasan biasanya dipergunakan untuk memberikan seseorang akses terhadap energi dari moment. Pada moment dikenal istilah band dan level. Level atau tingkatan memberikan seseorang jalur-jalur energi di sistem energinya yang bisa membuat seseorang menerima energi dari moment. Semakin tinggi level-nya semakin baik jalurnya. Tingkat berikut dari level adalah band yang memiliki spektrum energi lebih luas.

Jalur yang dibuat setelah attunement tingkat terakhir telah memadai bagi energi dari berbagai frekuensi atau band untuk mendapat jalan masuk ke dalam sistem manusia yang menjadi praktisi moment terkait. Dengan demikian level atau tingkatan lebih menyangkut masalah pembukaan jalur energi sementara band menyangkut seberapa halus energi yang masuk yang terkait dengan seberapa tinggi frekuensinya. Sebagai contoh band 2 memiliki energi yang lebih kasar dibanding band 20, dengan demikian frekuensinya juga lebih tinggi. Attunement band tertinggi yang sudah pernah anda ambil memberikan anda kesempatan untuk mengakses energi sampai ke frekuensi yang terkait dengan band tersebut. Dalam kebanyakan moment, attunement band dikatakan tidak ada batasnya dalam arti bisa mencapai band berapapun.

Attunement juga biasanya dikaitkan dengan reiki khas moment terkait. Misalnya attunement peace reikiTM dari peace momentTM.

Anointment
Pemusatan konsentrasi ke energi spiritual.

Atonement
Proses yang memberi kebebasan dari seseorang untuk dapat mengakses energi spesifik dengan mudah. Contoh untuk mengakses Peace Reiki™ secara utuh, seseorang harus membebaskan diri dari dendam dan keinginan berperang, Peace Atonement™ dapat membantu melakukan proses ini

Activation
Beberapa moment memiliki fasilitas yang spesifik dan memerlukan aktifasi khusus untuk fasilitas spesifik yang juga khusus tersebut. Misalnya, dalam moment Nur Nabi Yusuf (Joseph Light MomentTM) terdapat aktivasi sinar kharisma. Dalam attunement sebetulnya energi sinar karisma tersebut sudah ada namun lebih bersifat bibit dan belum optimal. Aktivasi sinar karisma secara khusus mengoptimalkan fungsi pemberian karisma pada diri praktisi. Pembuat moment bisa memprogram syarat aktivasi dapat diambil. Misalnya aktivasi bisa diambil setelah level 3 atau setelah band tertentu, dsb. Ini tergantung pada intuisi si pembuat moment.

Empowerment
Empowerment atau pemberdayaan meningkatkan kapasitas operasional energi yang diperoleh dari moment. Kadang, penggunaan atau pemakaian energi moment tidak berjalan dengan baik. Dengan mengambil empowerment kapan saja dirasa perlu maka berbagai halangan yang muncul selama memanfaatkan energi moment dapat dihilangkan.

Ray
Ray atau sinar biasanya merupakan jenis-jenis energi spesifik yang disalurkan setelah aktivasi. Namun, kadang dengan attunement saja si pembuat moment memprogram bahwa sinar-sinar spesifik dapat langsung diakses. Dengan demikian aktivasinya sekaligus dengan attunement. Biasanya ada beberapa sinar yang populer di kalangan para pembuat moment yaitu:
• Sinar pembersih; membersihkan lawan energi dari energi moment, misalnya sinar pembersih reiki perdamaian berfungsi sebagai pembersih semua energi negatif yang bertentangan dengan perdamaian.
• Sinar pengetahuan; berfungsi untuk memberikan pengetahuan yang diperlukan praktisi melalui jalur intuisi. Pengetahuan yang dimaksud berkaitan dengan penggunaan reiki dari moment terkait.
• Sinar kebijaksanaan; berfungsi untuk membantu praktisi memutuskan apa yang harus dilakukan dalam penyaluran energi dari moment.
• Sinar Penyembuhan; berfungsi sebagai sinar utama yang bertujuan menyembuhkan atau menyelesaikan masalah yang menjadi sasaran dari moment terkait.

Tidak semua Moment™ memiliki hal-hal diatas. Tergantung pada pembuatnya.

Meskipun terdapat berbagai fasilitas yang populer di kalangan pembuat moment, namun pada dasarnya semua berjalan sesuai intuisi si pembuat. Sejumlah moment dibuat tanpa attunement, tanpa empowerment, atau bahkan terdapat band pada setiap level dan bukan setelah level 3. Ada juga moment yang hanya memiliki satu level dan band yang tidak terbatas. Semua itu terserah kepada anda. Gunakan intuisi anda untuk mendesain dan memprogram moment anda.

Ada beberapa tipe energi yang lain, kadang-kadang di hubungkan dengan Moments TM (misalnya San Movement yang terdapat pada San Moment TM). Semua itu hanya berhubungan dengan salah satu MomentTM dan tidak terdapat pada MomentTM yang lainnya.

Semuanya merupakan berkah dari Spirit untuk kelangsungan Kedamaian dan Pencerahan di muka bumi. Pergunakan secara bebas untuk tujuan-tujuan pribadi atau dalam skala yang lebih besar, diharapkan saling berbagi pengalaman dalam menggunakan Metode Moment TM ini dengan seluruh anggota Peace on Earth, sehingga kita dapat belajar dari satu dengan yang lainnya.

Bands

Secara umum tigkat band merupakan tingkat lanjutan setelah tingkat 1 sampai 3. Jumlah Band tidak terbatas.
Band 1: Yang disebut sebagai Band 1 adalah level atau tingkat pada sebuah reiki (level 1-3).
Band 2 keatas, sampai band tidak terbatas: merupakan tingkat lanjutan setelah selesai dari tingkat level.

Penyedarhanaan pengertian band adalah sebagai berikut: ketika seseorang “naik” dari lebih 1 ke 2 dan kemudian ke 3 maka intensitas energi orang tersebut makin kuat namun pada frekuensi yang sama sesuai dengan frekuensi moment yang bersangkutan. Ibarat sebuah warna merah maka warna tersebuat akan semakin terang ketika level dinaikkan. Ketika memasuki band maka spektrum warna tadi diperluas dan sekaligus intensitas energi diperkuat, jadi kalau dimisalkan dengan warna merah maka frekuensi warna akan melebar, misal ke merah muda atau merah tua dan bahkan bisa masuk ke warna lain yang berdekatan ketika band dinaikkan.

Didaptasi dari terminologi Komputer, sekarang ada yang disebut KiloBands (KBa), MegaBands (MBa), GigaBands (GBa), dan TeraBand (TBa).

Sebagai contoh dalam attunement Peace Reiki TM
Attunement Peace Reiki level 1, 2, dan 3 merupakan tingkat band 1,
Setelah attunement level selesai, anda bisa meminta attunement Peace Reiki 2.5 GigaBand. Secara efektif jumlah Band yang diminta waktu atunement adalah mulai dari band 2 sampai pada tingkat Band 2,500,000,000.

Dalam Perkembangan sekarang banyak dari Moment dengan memiliki memiliki level Reiki lebih dari 3 level Moment Nur Nabi Muhammad dengan Nur Syifa Reiki (4 level dengan band tidak terbatas)

By Firman dari Danrew Rigg dan Robin Rustad

BERSAMBUNG

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

9 Responses to MENGENAL MOMENT YUK

  1. k_angelous says:

    Assalamualaikum WrWb :

    Artikel yang menarik mengenai moment,ternyata bermacam-macam jenis dan juga tingkatannya ya 😀

    Wasalam

  2. k_angelous says:

    Assalamualaikum WrWb :

    Ya terus terang saja Master untuk pemula seperti saya dengan banyaknya metode moment jadi bingung dan cari alternatif yang paling mudah yang saya bisa.seperti Master bilang diatas malah jadi nggak fokus dengan KR yang saya pelajari dan malah bisa-bisa bikin varian baru,toh saya sudah punya dasar KR yang kuat.

    Dengan pembahasan terperinci seperti diatas beserta aplikasinya saya jadi tahu hal apa yang paling mendasar yang harus saya kuasai sebelum belajar yang lain.jadi nggak cari alternatif atau varian yang lain. selfhealing rutin saja dulu baru yang lain…hehehehehe

    Wasalam

    • wahyutaqwaku says:

      Wa’alaikum Salam Wr Wb

      Betul sekali gan… Mantabz, saya membahas moment karena ada kaitannya dengan bahasan bola energi, dimanual jarang dibahas masalah pembuatan BE, contoh manual KR, padahal BE dan afirmasi salah satu tools pendukung reiki gan 🙂 ibarat adonan kue, reiki adalah adonan induk sebelum di buat martabak, bolu, brownies hehehe… 🙂

  3. k_angelous says:

    @Master Heru : nah tolong Master di jelaskan cara pembuatan detail BE di KR karena selama ini saya hanya affirmasi sambil mengangkat tangan di depan dada untuk mengirim energi penyembuhan.informasi pembuatan BE saya ambil dari pembuatan Moment ditambah informasi pembuatan BE di reiki tradisi usui seperti hon sa se so nen atau BE raku ,apakah kalau di KR hanya cukup niatkan saja sambil mengangkat telapak tangan berhadapan di depan dada dengan jarak 25-30 cm setelah itu dilepaskan ke atas? mohon penjelasannya ya hehehe.

    Haturnuhun

    Wasalam

    • wahyutaqwaku says:

      wah di KR gak mengenal simbol gan, cukup niat, afirmasi dan visualisasi

      Buat BE standard Buat BE lalu isi dengan energi KR dgn khasiat sesuai niat atau afirmasi (pemrograman) sampai penuh, jadi dech BE yang siap digunakan gan 🙂

      Buat BE spesifik kurang lebih seperti yang dah saya diposting, tapi klo terlalu cepat buat BE spesifik power BE nya adalah power terakhir pada saat buat BE, klo agan rajin latihan, tingkat powernya naik, maka BE nya bikin lagi hehehe…

      klo BE yang diartikel (protected) transfer energi keilmuan 1, 2 dst dah saya update dari thn 1998 sampe power saya thn 2011 gan, tinggal pakai, terima jadi, permanen, tanpa pantangan, boleh ditularkan kepada orang lain hehehe… praktis…tis..tis

  4. Ce2p angker says:

    @master. mas kapan kita bsb dpt pasword untk post yg di proteck, apakah kita harus di level trtnt dlu mas untkdpt paswordnya?

  5. Ce2p angker says:

    @Master. mas gmana cranya untk jadi relawan mas? (semangat mode: on)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s