MEDITASI HATSUREI-HO

MEDITASI HATSUREI-HO ( LATIHAN-LATIHAN PENINGKATAN POWER)
By : Grand Master Mikao Usui

Fungsi :
1.Pemurnian dan peningkatan energi penyembuhan
2.Pembesaran dan pelebaran jalur Shusumna
3.Peningkatan kesadaran
4.Memberikan efek kesegaran jiwa
5.Penyimpanan energi di Tantien
6.Pembangkitan kundalini

Cara :
• Dimulai dengan affirmasi niat
• Penenangan pikiran : Bernafas halus, atau menyanyikan lagu-lagu dengan ritme lambat , membaca ayat-ayat suci, atau mendengarkan musik meditasi
• Kihon Shisei (sikap badan standar) : Duduk dilantai dengan menggunakan lutut (seperti cara orang Jepang duduk menghormati tamu).
• Monuken (Mandi kering) : dimulai dengan telapak tangan kanan menyentuh tengkuk melalui pundak sebelah kiri, kemudian tarik telapak tangan kanan sambil menggosok dari tengkuk, pundak kiri hingga ke pinggang kanan, kemudian lakukan yang sama pada tangan kiri yaitu telapak tangan kiri menyentuh tengkuk melalui pundak kanan, dst.Setelah itu dalam posisi bertolak pinggang (tetapi dada dibusungkan ke depan), angkat tangan kanan kemudian sentuhkan telapak tangan kanan pada tengkuk melalui pundak kiri,kemudian gosokan telapak tangan kanan dari tengkuk menelusuri tangan kiri hingga pinggang kiri, kemudian perut, pusar dan seterusnya hingga berhenti di pinggang kanan.Kemudian lakukan hal yang sama pada tangan kiri dengan arah yang berlawanan tentunya.Lakukan tiga kali !
• Jhosin Koku Ho (membersihkan pernafasan) :Kemudian kedua tangan menengadah ke atas (membentuk huruf V) niatkan untuk terhubung dengan channel reiki dan untuk mengakses energi reiki, atau niatkan untuk menyatu dengan alam semesta.Setelah beberapa saat biasanya terasa ada sensasi berat atau rasa kesemutan pada ujung-ujung jari atau telapak tangan.Setelah itu turunkan tangan hingga di depan dada, telapak tangan saling berhadapan. tarik nafas halus dan saat mengeluarkan nafas rasakan dan visualisasikan bahwa energi negatif keluar melalui telapak tangan .
• Gassho (orang yang berdoa) : Ke dua telapak tangan dirapatkan simpan di depan dada, agak lebih tinggi dari ului hati.
• Seishin Toitsu (Perenungan) :
Tekhnik ini terdiri dari pernafasan melalui tangan :
 Tarik nafas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut . Ketika menarik nafas rasakan bahwa energi reiki datang melalui Chakra
 mahkota kemudian turunke Tantien (2 jari di bawah pusar). Rasakan sensasi, satukan ketenangan , kegelesahan, luapkan emosi sampai cara ini menenangkan
 Ketika mengeluarkan nafas, rasakan dan “lihat” cahaya reiki keluar dari seluruh tubuh, kembangkan keluar badanmu melalui tangan. Adalah normal jika tangan terasa hangat dan bergetar.
 Ulangi terus sampai hati yang memerintahkan berhenti
• Mokunen (konsentrasi) : Letakan tangan secara terbalik di atas pangkuan (punggung tangan di atas) sambil lafalkan affirmasi: saya telah menyelesaikan hatsu Rei –Ho. Biarkan badan tenang, kemudian letakan telapak tangan kiri di pundak kanan, sementara telapak tangan kanan letakan di pundak kiri. Tarik nafas panjang dan pada saat mengeluarkan nafas, tundukan badan hingga dahi menyentuh lantai. Pertahankan posisi tersebut sambil bernafas biasa. Inilah tekhnik Grounding Reiki Usui Original.

Gyoshi Ho (Pengobatan dengan mata) dan Koki Ho (pengobatan dengan nafas)
Hal ini tidak bisa dilakukan kecuali oleh praktisi yang intensitas latihan khususnya tinggi. Ada pun latihan khusus yang harus dilakukan untuk dapat melakukan tekhnik ini yaitu : memandang tanaman (usahakan tanaman yang kering), sambil mengatur nafas panjang dan halus pandanglah tanaman tersebut hingga “ke dalam” isi atau “ruh” dari tanaman tersebut, janganlah memandang fisik tanaman tetapi berusahalah memandang hingga ke dalam “isi” dari tanaman tersebut. Pandanglah dengan kasih sayang.Lakukan setiap pagi dan sore, apabila tanaman tersebut berangsur-angsur tumbuh membaik maka berarti anda telah berhasil.Setelah menguasai tekhnik ini, anda bahkan dapat melakukan penyembuhan jarak jauh sekalipun hanya dengan niat atau berfikir tentang pasien, atau bahkan kelak anda dapat mengattunement pasien hanya dengan memandang bahkan hanya dengan berfikir tentang pasien sekalipun, dengan satu syarat : Darurat !!!!!

Byosen Reiji-Ho (tekhnik scanning dengan gerak rasa)Kedua telapak tangan diletakan di depan chakra jantung, rasakan reiki mengalir dari chakra mahkota hingga mengalir dan menyebar ke seluruh tubuh. Rasakan aliran energi reiki, rasakan cinta kasih, dan ekspresikan “rasa itu” dalam gerak, ikuti irama alam semesta.Biarkan perasaan menggerakan ke dua tangan kita.

Bila metode ini terus menerus dilatih, maka cukup dengan niat dan pengarahan secara batin kita akan dapat mengetahui letak penyakit pasien, bahkan posisi mana yang paling effektif dalam penyaluran reiki.Tekhnik ini pun dapat digunakan untuk mengecek posisi kundalini, chakra yang ngeblok, dll.Ingat , latihan tekhnik tersebut harus dilakukan dengan bimbingan seorang master !Saat melakukan tekhnik tersebut, gunakan perasaan jangan fikiran, biarkan rasa yang membimbing dan fikiran harus tetap netral untuk menjaga keakuratan .

Ketsueki Kokan ho / Ketsueki Joka-ho (Tekhnik Pembersihan Darah)
Ketsueki Kokan ho ( Ketsueki Joka ho) dapat diartikan dengan tekhnik ” Pembersihan Darah” Teknik ini menjadi bagian dari ajaran Sensei Takata, sebagaimana yang tertera di dalam buku harian dan catatan-catatan peninggalannya,beliau menguraikan ” (teknik ini sebagai) tekhnik penekanan syaraf yang merupakan akhnir darai pelajaran reiki tradisional.”

Tujuan dari teknik ini adalah untuk membersihkan darah dari toksin. Terlihat disini bahwa Reiki Jepang mendasarkan ajarannya pada teori meridian dalam Akupuntur Cina tidak mendasarkan ajarannya pada teori kedokteran barat, atau bahkan ajaran mistik yang banyak berkembang di barat dengan konsep chakranya.

Prinsip dari tekhnik ini adalah memberi tekanan pada daerah tulang belakang, hal itu akan merangsang pembentukan sel-sel darah merah baru, dan sel-sel darah merah baru yang diproduksi akan dipenuhi oleh energi reiki dan energi reiki akan menyebar sesuai dengan jalan darah, sebagaimana teori Akupuntur Cina,”kemana Darah mengalir, disitu Chi berjalan.Kemana Chi Berjalan, disitu darah mengalir.”

Caranya: Hubungkan diri prakstisi dengan reiki, kemudian sentuh puncak tulang belakang, kemudian lakukan pengurutan dengan memberi sedikit tekanan sambil lakukan afirmasi untuk penyaluran reiki, dimulai dari puncak tulang belakang sampai ujung tulang ekor,Lakukan 15 kali pengurutan.
.
Hanshin Koketsu ho (Teknik Pembersihan Darah Separuh Badan)
Pegang bahu kanan pasien,kemudian hubungkan diri praktisi dengan reiki, lalu lakukan pengurutan kebawah sambil menyalurkan reiki, dari bahu sampai ujung-ujung jari tangan. Lakukan hal tersebut selama 15 kali.Lakukan hal yang sama pada bahu kiri pasien.

Kemudian sentuh pinggul pasien, dan lakukan pengurutan sambil menyalurkan reiki sampai ujung-ujung jari kaki, ulangi 15 kali.Lakukan hal yang sama pada pinggul kiri

Zenshin Koketsu ho (Teknik Pembersihan Darah Seluruh Badan)Ini adalah teknik yang paling praktis untuk “pembersihan darah”. Mulai dengan melakukan penyentuhan/ penyaluran pada 5 posisi utama dikepala. Kemudian lakukan penyaluran pada dada pasien dan kemudian perut pasien. Selanjutnya lakukan tekhnik pengurutan sebagaimana pada Hanshin Koketsu Ho.Bisa pula ditambahkan dengan tekhnik pengurutan pada tulang belakang

Seiheiki Chiryo ho (menanam sugesti positif atau menghilangkan sugesti negative)Engkau dapat menggunakan teknik ini untuk diri anda atau orang lain. Manakala engkau melakukannya untuk orang lain,yakinkan bahwa pesan yang diberi adalah yang diinginkan oleh pasien.Dan lebih baik dan lebih efektif melakukan satu sesi SCH yang pendek tetapi dilakukan berulang-ulang daripada sesiwaktu yang panjang tetapi dilakukan hanya sekali atau dua kali..
Letakan tanganmu , yang satu di dahi (ajna depan), tang yang satunya di punggung kepala ( ajna belakang), kemudian berikan “pesan” atau affirmasi melalui tangan pada kepala pasien . Pesan dapat berupa semangat membangun atau merubah kebiasan buruk.
Angkat tangan yang di dahi dahi dan ikuti intuisimu membimbing tanganmu, tetapi yang di beakang punggung kepala pertahankan 5 menit atau lebih sambil menyalurkan Reiki, selama menyalurkan reiki pesan harus terus “dipancarkan “ /diucapkan berulang-ulang.

Tanden Chiryo ho (Penyembuhan tantien)
 Awali dengan niat
 Lakukan Gasho hingga masuki kesadaran
 Tempatkan satu tangan pada tantien dan yang lainnya pada dahi (ajna)
 Tunggu beberapa saat hingga energi pada kedua tangan seimbang
 Kemudian angkat tangan yang diletakan di ajna dan letakan di atas tantien , di atas tangan satunya.
 Dengan kedua tangan di atas tantien biarkan reiki mengalir hingga aliran reiki berhenti dengan sendirinya ( sekitar 20 menit)

Uchite / Osi te / Nada
Uchi-te (tekhnik tepukan) Theknik ini berguna untuk menghilangkan sumbatan-sumbatan aliran Ki pada tubuh pasien .Therapist menepuk dengan jari manapun atau telapak tangan, punggung tangan, sisi tangan, atau tinju untuk menghasilkan bermacam-macam derajat tingkat rangsangan.
Oshi-te Chiryo-ho – (menekan dan membuka telapak tangan) . Artinya membuka dan menutup telapak tangan.Kedua tangan dalam posisi ghasso, kemudian Mereganglah tanganmu dengan jari membuka, kemudian relax. Lakukan ini berulang-kali hingga mantap. qi dipancarkan dari pusat tangan. Indikasi untuk berdenyut adalah serupa ke pencabangan. Merangsanglah dan meningkatkan peredaran. Berdenyut dapat digunakan (di) atas manapun area (menyangkut) badan yang memerlukan itu, mencakup accupressure spesifik menunjuk. Jika kamu berdenyut secara langsung (di) atas suatu titik akupunktur, adalah mudah untuk merasakan perasaan geli dan kehangatan/keramahan di titik atau menyebar sepanjang garis bujur.
Nade-te Chiryo-ho ( teknik lambaian tangan)tekhnik ini bermanfaat untuk menhilangkan sumbatan atau rasa sakit. Ujungjari memasuki bidang energi pasien, seolah-olah membuang penyakit pergi

Dari Berbagai Sumber

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s